cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah

Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah

Dipublish pada 3 January 2024 | Dilihat sebanyak 430 kali | Kategori: Blog

Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah

Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah – Pemilihan presiden yang bergulir pada kuartal pertama 2019 untuk periode 2019-2024 memang menyita perhatian publik. Namun, hasil dari sebuah riset mengejutkan menunjukkan bahwa gejolak politik tersebut ternyata tidak memberikan dampak yang signifikan pada minat konsumen dalam mencari rumah. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai temuan menarik ini dan apa implikasinya terhadap pasar properti.

Kuartal Pemilu, Pemilu Tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah

Menurut hasil Sentiment Survey H-I/2019 yang diolah oleh tim Business Intelligent Rumah123, persentase pencari informasi seputar properti meningkat dua kali lipat secara kuartalan (qtq) dari tahun sebelumnya. Ini menandakan bahwa, meskipun gejolak pemilihan presiden, minat konsumen terhadap pasar properti justru mengalami peningkatan.

Maria Manik, Country GM Rumah123, menjelaskan bahwa pemilu tidak hanya menarik mereka yang mencari tahu seputar pasar properti. Sebaliknya, sebagian besar masyarakat Indonesia sedang aktif mencari properti untuk dibeli atau dijadikan investasi. Lebih mengejutkannya lagi, para pencari properti ini didominasi oleh kaum millennial dengan rentang usia 22–28 tahun dan rentang gaji 5 – 10 juta.

Prioritas Pembeli Properti

Dalam memilih properti, lokasi tetap menjadi prioritas utama dengan persentase 20.68, mengungguli faktor harga (20.50 persen), fasilitas (20.03 persen), promo khusus (19.52 persen), dan desain (19.28 persen). Artinya, keputusan pembelian properti lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor ini daripada dinamika politik yang terjadi sekitar waktu pemilihan presiden.

Tren Pertumbuhan Properti

Meskipun Pemilihan Presiden menjadi sorotan utama, permintaan properti pada tahun 2019 tetap meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, baik dari segi penjualan maupun sewa. Bahkan, pertumbuhan permintaan sewa mencapai dua kali lipat dari persentase penjualan. Khususnya, apartemen mengalami peningkatan permintaan yang mencolok, naik hingga 42.85 persen dari tahun sebelumnya.

Peluang dan Tantangan

Maria mencatat bahwa masih banyak pelaku di industri properti yang belum mengetahui informasi tentang berbagai skema kemudahan yang telah diberikan oleh bank atau pemerintah. Ini mengindikasikan adanya peluang untuk lebih memperluas pengetahuan masyarakat mengenai insentif-insentif dan kemudahan yang dapat mendorong pertumbuhan sektor properti.

Meskipun pemilihan presiden tidak terlalu mempengaruhi minat konsumen mencari rumah, pemahaman terhadap faktor-faktor yang benar-benar memengaruhi keputusan pembelian properti menjadi kunci sukses dalam menghadapi dinamika pasar. Dengan terus mengidentifikasi tren dan kebutuhan konsumen, pelaku industri properti dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan ekspektasi target audiens mereka.

Permintaan Properti Tetap Meningkat

Meskipun adanya Pemilihan Presiden, permintaan properti pada tahun 2019 tetap meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, baik dari segi penjualan maupun sewa. Pertumbuhan permintaan sewa bahkan mencapai dua kali lipat dari persentase penjualan. Dalam kategori properti, apartemen mengalami peningkatan permintaan yang signifikan dibanding rumah, mencapai 42.85 persen dari tahun sebelumnya.

Maria menyoroti bahwa masih banyak pelaku di industri properti yang belum mengetahui informasi tentang berbagai skema kemudahan yang telah diberikan oleh bank atau pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peluang untuk lebih memperluas pengetahuan masyarakat mengenai insentif-insentif dan kemudahan yang dapat mendorong pertumbuhan sektor properti.

Pemilu mungkin tidak memainkan peran utama dalam menentukan minat konsumen terhadap properti, namun faktor-faktor seperti lokasi, harga, fasilitas, promo khusus, dan desain tetap menjadi poin utama dalam keputusan pembelian. Dengan pemahaman yang lebih baik terhadap preferensi konsumen, pelaku industri properti dapat lebih efektif menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk mencapai target audiens.

Kesimpulan Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah

Dengan demikian, terbukti bahwa keputusan pembelian properti lebih dipengaruhi oleh faktor internal seperti kebutuhan dan preferensi konsumen, daripada peristiwa eksternal seperti pemilihan presiden. Hal ini memberikan gambaran bahwa pasar properti memiliki ketahanan tersendiri terhadap dinamika politik, dan para pelaku industri dapat terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan konsumen dengan lebih baik.

 

Bagikan informasi tentang Pemilu Ternyata tak Pengaruhi Minat Konsumen Cari Rumah kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Desain Wallpaper Dinding Terba...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Cluster Terbaik di Pamulang Pa...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Cluster Terbaru Avezza The Moz...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Jual Rumah di Bekasi Perumahan...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 755.000.000
  • L.Tanah: 70 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 1

Dijual Rumah Strategis Selangk...

Rumah Dijual di Rumah Tangerang
Rp 800.000.000
  • L.Tanah: 47 m2
  • L. Bangunan: 80 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 3

Apartemen Branz BSD City...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!