cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Mengurai Tantangan Relokasi Tsamara Amany Ungkap Alasan Sulitnya Hilangkan Permukiman Kumuh di Jakarta

Mengurai Tantangan Relokasi Tsamara Amany Ungkap Alasan Sulitnya Hilangkan Permukiman Kumuh di Jakarta

Dipublish pada 18 December 2023 | Dilihat sebanyak 508 kali | Kategori: Blog

Mengurai Tantangan Relokasi: Tsamara Amany Ungkap Alasan Sulitnya Hilangkan Permukiman Kumuh di Jakarta

Mengurai Tantangan Relokasi: Tsamara Amany Ungkap Alasan Sulitnya Hilangkan Permukiman Kumuh di JakartaDalam kota metropolitan seperti Jakarta, masalah permukiman kumuh menjadi kompleks seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat. Tsamara Amany, Staf Khusus Menteri BUMN, memberikan wawasan yang menarik terkait alasan sulitnya mengatasi permasalahan ini. Dalam sebuah cuplikan podcast Unpacking Indonesia, Tsamara mengungkapkan beberapa kendala dan solusi yang mungkin dapat diterapkan.

1. Menurut Tsamara Amany Permukiman Kumuh dan Akses Terhadap Pusat Ekonomi

Menurut Tsamara, masyarakat secara naluriah akan mendirikan permukiman di sekitar pusat kegiatan ekonomi. Sayangnya, tidak semua warga memiliki akses atau kemampuan finansial yang memadai untuk membeli rumah layak di area tersebut. Inilah yang mendorong munculnya permukiman kumuh di sekitar bantaran kali.

2. Kendala Program Subsidi dan Rusunawa

Program subsidi berupa rusunawa yang telah diberikan pemerintah belum sepenuhnya berhasil mengatasi masalah ini. Tsamara menjelaskan bahwa warga yang direlokasi ke rusunawa di luar pusat kota masih mengalami kesulitan, terutama terkait biaya transportasi yang tinggi untuk mencapai pusat-pusat ekonomi.

3. Pemindahan Ibu Kota sebagai Solusi

Tsamara melihat pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai solusi potensial. Ide ini melibatkan pengalihfungsian gedung-gedung pemerintah strategis di Jakarta menjadi rusunawa atau pasar bagi masyarakat yang tinggal di permukiman kumuh.

4. Pengalihfungsian Aset Pemerintah

Dengan pemindahan ibu kota, Tsamara menyarankan untuk melakukan negosiasi dengan Setneg atau Kemenkeu untuk mengalihfungsikan aset-aset pemerintah. Gedung-gedung tersebut dapat diubah menjadi fasilitas rusunawa atau pasar, sehingga masyarakat tetap mendapatkan akses ekonomi yang baik.

5. Kesulitan Relokasi dan Pusat Ekonomi

Tsamara mencatat bahwa kesulitan terbesar dalam relokasi adalah ketika warga dipindahkan ke rusunawa di luar pusat kota. Meskipun disediakan fasilitas feeder bus, akses ke pusat-pusat ekonomi tetap sulit. Hal ini memberikan alasan mengapa banyak warga kesulitan membayar biaya rusunnya.

Kesimpulan Mengurai Tantangan Relokasi Tsamara Amany

Permukiman kumuh di Jakarta menjadi tantangan kompleks, dan Tsamara Amany menghadirkan perspektif yang menarik. Pengalihan pusat pemerintahan ke IKN menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah relokasi warga yang sulit diselesaikan di Jakarta. Melalui pengalihfungsian aset pemerintah, diharapkan masyarakat dapat tetap mendapatkan akses ekonomi yang baik. Dengan pemindahan ibu kota, Jakarta dapat menjawab tantangan pemukiman kumuh dengan solusi yang lebih berkelanjutan.

 

Artikel Lain

 

Bagikan informasi tentang Mengurai Tantangan Relokasi Tsamara Amany Ungkap Alasan Sulitnya Hilangkan Permukiman Kumuh di Jakarta kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Desain Interior Ruang Rumah Mi...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Baru Bergaya Modern Klas...

Rumah Dijual di Rumah Jakarta
Rp 991.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 85 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 2

Rumah Baru Paling Murah di Cia...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Taman Adiyasa Strategis ...

Rumah Dijual di Rumah Tangerang
Rp 250.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 50 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Rumah 2 Lantai Kansa Residence...

Rumah Dijual di Rumah Jakarta
Rp 340.000.000
  • L.Tanah: 18 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Rumah 2 Lantai Siap Huni Jl. G...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 510.000.000 Nego
  • L.Tanah: 75 m2
  • L. Bangunan: 80 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!