cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR?

Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR?

Dipublish pada 26 December 2023 | Dilihat sebanyak 573 kali | Kategori: Blog

Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR?

Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR? – Mempunyai rumah sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, ketika datang ke pembelian properti, muncul pertanyaan penting: Apakah lebih baik membeli rumah bekas atau mencicil melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Setiap pilihan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, mulai dari segi keuangan hingga kualitas rumah yang diinginkan.

Keuntungan dan Kerugian Beli Rumah via KPR

https://youtube.com/shorts/WyDtz0hF2AQ?si=V0-rUePrh9Y4GZV-

Menurut perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andi Nugroho, jika kita membandingkan secara sebanding antara rumah bekas dan rumah yang dibeli melalui KPR, maka membeli dengan skema KPR lebih disarankan. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa menjadi dasar keputusan:

Baca Juga
Kenaikan Harga Rumah KPR FLPP di 2024
Kenaikan Harga Rumah KPR Subsidi
Lunas Cicilan KPR Rp 250 Juta/Bulan, Iis Dahlia Bongkar Harga Rumahnya yang Mewah
Pemerintah Siapkan Skema KPR Cicilan Flat 35 Tahun, Mulai 2024
Inilah Kenapa KPR-Mu Ditolak Bank: Tips dan Penyebab Umum yang Perlu Diketahui
Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR?
Mengenai Pindah KPR, Syarat, Cara dan Keuntungannya
Pemutihan BI Checking Langkah Krusial Untuk Memastikan Persetujuan Pengajuan KPR
Mau KPR Disetujui? Ini Dia 5 Ciri-Ciri yang Perlu Kamu Perhatikan!
Beli Rumah? Jangan Tunggu Sampai Bunga KPR Semakin Tinggi
Cara Bijak Menggunakan Kalkulator KPR: Panduan Praktis
Panduan Lengkap: Cara Mendapatkan Rumah Impian dengan KPR

Keuntungan Beli Rumah via KPR:

  1. Usia Pemakaian yang Lebih Lama: Rumah yang dibeli melalui KPR umumnya masih baru, sehingga pemakaiannya bisa lebih panjang. Ini dapat menghemat biaya pemeliharaan dalam jangka panjang.
  2. Modal yang Relatif Kecil: Dengan KPR, Anda hanya perlu membayar sekitar 20 persen dari harga jual rumah sebagai uang muka, pengikatan jual-beli, dan pembayaran pertama. Ini membuat modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil.
  3. Fleksibilitas Renovasi: Rumah yang masih baru memberikan fleksibilitas untuk merenovasi bagian-bagian tertentu sesuai keinginan, karena bangunannya masih dalam kondisi asli.

Kerugian Beli Rumah via KPR:

  1. Waktu Tunggu: Beberapa kendala yang mungkin dihadapi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menunggu rumah selesai dibangun dan bisa ditempati. Terkadang, infrastruktur dan fasilitas umum di sekitar rumah juga belum sepenuhnya tersedia.
  2. Total Biaya Lebih Besar: Meskipun modal awal kecil, total uang yang harus dibayar hingga lunas dapat jauh lebih besar daripada harga beli tunai. Pembayaran KPR dapat mencapai lebih dari harga cash rumah.

Keuntungan dan Kerugian Beli Rumah Bekas

Keuntungan Beli Rumah Bekas:

  1. Siap Huni: Rumah bekas biasanya sudah siap huni, sehingga Anda dapat segera menempatinya tanpa menunggu proses pembangunan.
  2. Negosiasi Harga: Harga rumah bekas bisa menjadi bahan negosiasi, terutama jika ada perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan. Pemilik sebelumnya mungkin bersedia menurunkan harga sebagai kompensasi.
  3. Sertifikat Langsung Dimiliki: Sertifikat rumah bekas bisa langsung dimiliki oleh pemilik baru, tanpa menunggu proses penerbitan sertifikat.

Kerugian Beli Rumah Bekas

  1. Modal Lebih Besar: Pembelian rumah bekas biasanya memerlukan pembayaran tunai 100 persen dari harga jual, membuat modal yang diperlukan lebih besar dibandingkan KPR.
  2. Kesulitan Renovasi: Jika ada bagian rumah yang perlu direnovasi, Anda mungkin kesulitan karena risiko merusak konstruksi bangunan.
  3. Harga Mungkin Naik: Meskipun bisa menjadi keuntungan, harga rumah bekas dapat naik seiring waktu, yang membuat pembayaran Anda mungkin lebih tinggi dibandingkan harga yang dibayar oleh pemilik sebelumnya.

Pertimbangan Akhir

Perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning, Budi Rahardjo, menyoroti beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah, baik melalui KPR maupun beli rumah bekas. Perhatikan kondisi rumah, kebutuhan perbaikan, serta kelengkapan surat-surat properti. Rumah bekas bisa menjadi pilihan jika Anda menginginkan kesiapan huni dan kemungkinan negosiasi harga, sementara KPR dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau secara finansial dengan keuntungan pemakaian yang lebih lama. Sebaiknya, sesuaikan pilihan dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi pribadi Anda.

Bagikan informasi tentang Mana Lebih Baik, Beli Rumah Bekas atau Mencicil via KPR? kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Parkville BSD Serpong...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

AEON Mall Jakarta Garden City...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

45 Desain Kantor SOHO Office T...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Ini dia Apartemen terbaru Di B...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Serpong Jaya, Rumah Baru 2 Lan...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Apartemen Pacific Garden Style...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!