cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Jangan Mudah Terbujuk Label ‘Syariah Bebas Riba’ saat Beli Rumah, Cek Ini Biar Selamat

Jangan Mudah Terbujuk Label ‘Syariah Bebas Riba’ saat Beli Rumah, Cek Ini Biar Selamat

Dipublish pada 10 December 2023 | Dilihat sebanyak 475 kali | Kategori: Blog

Jangan Mudah Terbujuk Label 'Syariah Bebas Riba' saat Beli Rumah, Cek Ini Biar Selamat

Dalam mencari rumah berbasis syariah, penting bagi kita sebagai konsumen untuk tetap waspada dan teliti. Beberapa kasus penipuan oleh pengembang abal-abal belakangan ini menunjukkan bahwa tidak semua perumahan yang diiklankan sebagai syariah dapat dipercaya. Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar pembelian rumah syariah berjalan lancar dan aman.

1. Kenali Ciri-Ciri Perumahan Syariah

Ciri-ciri perumahan syariah yang sejati dapat membantu kita membedakan antara pengembang yang jujur dan yang abal-abal. Pastikan lahan sudah dibebaskan 100%, perizinan lengkap, dan rumah siap huni sebelum dilakukan transaksi. Mengetahui hal ini dapat menjadi filter awal untuk memilih pengembang yang dapat dipercaya.

2. Pastikan Pengembang Tidak Zalim dan Tidak Gharar

Prinsip ekonomi syariah harus diterapkan dalam setiap transaksi jual-beli perumahan syariah. Pengembang harus bersikap adil (tidak zalim) dan menjauhi segala bentuk ketidakpastian atau penipuan (tidak gharar). Konsumen harus memastikan bahwa objek yang diperjualbelikan sudah jelas dan tidak ada unsur penipuan.

3. Jangan Lakukan Pembayaran Sebelum Rumah Jadi

Penting untuk tidak terburu-buru melakukan pembayaran, terutama uang muka, sebelum rumah benar-benar jadi. Pengembang yang meminta pembayaran sebelum rumah mulai dibangun dapat menjadi tanda bahwa mereka tidak dapat dipercaya. Transaksi sebaiknya dilakukan setelah semua aspek terkait, seperti tanah, bangunan, sertifikat, perizinan, dan jadwal serah terima, sudah jelas dan terjamin.

4. Perhatikan Proses KPR Syariah

Jika rumah dibeli melalui KPR Syariah, pastikan pengembang menjual rumah ke bank terlebih dahulu sebelum bank menjualnya kepada konsumen. Hal ini merupakan langkah pengamanan tambahan untuk memastikan transparansi dan keabsahan transaksi.

Dalam keseluruhan proses pembelian rumah syariah, kesabaran dan ketelitian adalah kunci utama. Jangan mudah terpengaruh oleh label ‘syariah bebas riba’ tanpa melakukan pengecekan mendalam. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menjaga diri dari penipuan dan memastikan pembelian rumah syariah berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang benar.

Bagikan informasi tentang Jangan Mudah Terbujuk Label ‘Syariah Bebas Riba’ saat Beli Rumah, Cek Ini Biar Selamat kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Jade Park Serpong, Rumah di BS...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Belajar SEO Gratis Untuk Jual ...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Cluster Puri Mutiara Res...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 290.000.000
  • L.Tanah: 66 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Ide Dan Trik Lengkap Desain In...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Jual Rumah di Bogor Cluster Mu...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 370.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 44 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Jual Rumah Cluster Tulip Resid...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 650.000.000
  • L.Tanah: 72 m2
  • L. Bangunan: 45 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!