cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » RI Gandeng Jepang untuk Solusi Pembiayaan Perumahan: Nota Kerja Sama BP Tapera dan JHF

RI Gandeng Jepang untuk Solusi Pembiayaan Perumahan: Nota Kerja Sama BP Tapera dan JHF

Dipublish pada 17 December 2023 | Dilihat sebanyak 530 kali | Kategori: Blog

RI Gandeng Jepang untuk Solusi Pembiayaan Perumahan: Nota Kerja Sama BP Tapera dan JHF

RI Gandeng Jepang untuk Solusi Pembiayaan Perumahan: Nota Kerja Sama BP Tapera dan JHF – Pemerintah Indonesia dan Japan Housing Finance Agency (JHF) telah menjalin kerja sama dalam upaya menanggulangi tantangan pembiayaan kepemilikan rumah di Indonesia. Melalui Penandatanganan Nota Kerja Sama antara Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan JHF pada Jumat, 15 Desember, di Langham Hotel Jakarta, kedua pihak berkomitmen untuk melakukan studi mengenai Program Bidang Perumahan Subsidi selama dua tahun ke depan.

Menyelesaikan Tantangan Pembiayaan Kepemilikan Rumah

Penyediaan rumah di Indonesia masih menjadi tantangan besar, terutama terkait pembiayaan kepemilikan rumah yang belum dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Dalam kerja sama ini, BP Tapera dan JHF akan fokus pada penelitian dan program terkait pembiayaan perumahan bersubsidi, dukungan pasar perumahan, serta eksplorasi solusi untuk masalah perumahan.

Menggali Potensi dan Pertukaran Informasi

Adi Setianto, Komisioner BP Tapera, menyatakan bahwa kerja sama ini melibatkan pertukaran informasi terkait penelitian dan program terkait instrument keuangan, stabilisasi pasar perumahan, dan penyediaan rumah untuk rumah tangga berpendapatan menengah ke bawah. Selain itu, akan dilakukan pertukaran informasi mengenai tata kelola perusahaan, manajemen risiko, pengembangan produk seperti green mortgage, dan sistem hukum di Indonesia dan Jepang.

Bertukar Pengalaman dan Pelatihan

Senior Executive Director JHF, Yoshida Hideo, menegaskan bahwa metode kerja sama akan melibatkan saling berbagi informasi, pertukaran pandangan, survei bersama, dan penelitian di bidang pasar perumahan dan pembiayaan perumahan. Kedua belah pihak juga akan menjadi tuan rumah dalam kegiatan bersama, lokakarya, dan konferensi tentang perumahan dan pasar pembiayaan perumahan.

Kerja sama ini bukan hanya mengenai pembiayaan perumahan, tetapi juga mencakup perbandingan standar perumahan, teknologi, bahan, serta strategi untuk meningkatkan minat investor di sektor pembiayaan perumahan. Sebagai bagian dari kerja sama, dilakukan pelatihan dengan tema “Training Program for Further Housing Finance Development in Indonesia” pada Oktober 2023, yang sejalan dengan fase III Rencana Strategis BP Tapera.

Cikal Bakal Kerja Sama dan Pelatihan

Kerja sama ini bermula dari kunjungan BP Tapera ke JHF pada tahun 2022, dengan tujuan mendapatkan pemahaman komprehensif mengenai ekosistem pembiayaan perumahan di Jepang. Pada tahun yang sama, JHF bersama Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan perumahan Kementerian PUPR dan Sarana Multigriya Finansial (SMF) merilis dokumen penelitian yang membahas pasar perumahan dan pembiayaan perumahan di Indonesia.

Penandatanganan Nota Kerja Sama menjadi langkah penting dalam meningkatkan kredibilitas BP Tapera dan menyusun layanan menuju standar kelas dunia, sejalan dengan fase III Rencana Strategis BP Tapera di tahun 2023-2024. Kegiatan pelatihan ini juga menjadi peringatan untuk kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang yang telah berlangsung selama 65 tahun.

Bagikan informasi tentang RI Gandeng Jepang untuk Solusi Pembiayaan Perumahan: Nota Kerja Sama BP Tapera dan JHF kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Rumah Dijual di Gunung Sindur...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Lakewood Navapark, The Best Pr...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

AEON Mall Jakarta Garden City...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

30 Desain Gambar Kolam Ikan Ko...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Modern D’Fazza 5 Dekat...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 516.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Cara Memilih Furniture yang te...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!