cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat

Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat

Dipublish pada 27 January 2024 | Dilihat sebanyak 126 kali | Kategori: Blog

Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat

Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat Kepercayaan tradisional seringkali membawa makna mendalam dalam pandangan masyarakat. Salah satu mitos yang bertahan lama adalah larangan membangun rumah dekat dengan orangtua atau kerabat, dengan anggapan bahwa hal tersebut bisa membawa sial. Namun, menurut penjelasan dari Sosiolog, Devie Rahmawati, dibalik mitos ini terdapat kearifan lokal dan peringatan sosial. Artikel ini akan membahas faktanya dan relevansinya di era modern.

1. Mitos dan Kearifan Lokal Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat

Menurut Devie Rahmawati, mitos ini berakar dari kearifan lokal yang berkembang di masyarakat masa lalu. Kearifan ini bukan semata-mata untuk menghindari sial, melainkan sebagai bentuk mitigasi bencana dan krisis. Mitos-mitos sering kali muncul sebagai narasi yang mudah dipahami untuk menjelaskan konsep-konsep yang lebih kompleks.

2. Alasan Sosial di Balik Larangan

Devie menjelaskan bahwa larangan ini sebenarnya memiliki alasan sosial yang rasional. Tujuannya adalah untuk menghindari ‘kepunahan’ dalam suatu keluarga apabila terjadi bencana seperti banjir, gempa, atau kebakaran. Dengan satu keluarga yang tinggal di wilayah yang sama, peluang terdampak oleh bencana tersebut menjadi lebih tinggi.

3. Pesan Lebih Dalam dari Mitos

Devie menekankan bahwa pesan yang terkandung dalam mitos ini sebenarnya lebih dari sekadar membawa sial. Mitos ini adalah peringatan untuk memastikan kelangsungan keturunan keluarga dengan baik di tengah krisis. Dalam konteks banjir, gempa, atau kebakaran, keluarga dapat ‘punah’ jika berada dalam satu wilayah.

4. Relevansi di Masa Kini

Meskipun di era modern kita telah dibantu dengan teknologi dan peringatan bencana yang lebih canggih, larangan ini tetap relevan. Devie berpendapat bahwa larangan ini dapat dianggap sebagai sebuah alarm bagi kita. Bukan berarti kita harus sepenuhnya menghindari, tetapi sebagai pengingat akan pentingnya kesiapan menghadapi krisis.

5. Keputusan Personal dan Kearifan Lokal

Devie menegaskan bahwa keputusan untuk membangun rumah dan menentukan lokasinya tetap menjadi keputusan personal. Masyarakat modern tetap dapat memanfaatkan kearifan lokal sebagai pengingat untuk selalu memperhatikan keamanan dan kesiapan menghadapi bencana alam.

Penutup Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat

Mitos rumah dekat dengan orangtua membawa sial ternyata memiliki akar yang lebih dalam, yakni kearifan lokal dan peringatan akan potensi krisis sosial. Meskipun di era modern ini kita memiliki teknologi canggih, larangan ini masih relevan sebagai pengingat untuk tetap siap menghadapi ancaman dan krisis yang mungkin menimpa keluarga kita. Keputusan untuk mengikuti atau tidak larangan ini tetap berada di tangan masing-masing, namun pesan di balik mitos ini patut untuk dipertimbangkan

Bagikan informasi tentang Mitos atau Kearifan? Fakta Rumah Dekat dengan Orangtua dan Kerabat kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Jual Rumah JatiResidence 3 Dek...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 378.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Jual Rumah di Bogor Dirgantara...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 489.000.000
  • L.Tanah: 84 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Jual Rumah Di Selatan Jakarta ...

Rumah Dijual di Rumah Tangerang
Rp 1.850.000.000
  • L.Tanah: 88 m2
  • L. Bangunan: 120 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 3

Jade Park Serpong, Rumah di BS...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Belle Feur Citra Raya, Harga &...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah 2 Lantai Siap Huni Grand...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 446.400.000
  • L.Tanah: 72 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!