cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Hati-Hati Jangan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang Tanpa Lewat Bank, Ini Risikonya

Hati-Hati Jangan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang Tanpa Lewat Bank, Ini Risikonya

Dipublish pada 8 December 2023 | Dilihat sebanyak 474 kali | Kategori: Blog

Hati-Hati Jangan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang Tanpa Lewat Bank, Ini Risikonya

Penipuan dalam skema perumahan syariah semakin meresahkan masyarakat. Sebagai contoh, kasus di perumahan GMV, Cileungsi, Kabupaten Bogor, menyoroti risiko ketika konsumen langsung membayar cicilan rumah ke pengembang tanpa melibatkan bank. Meski perumahan syariah menarik karena mengikuti prinsip-prinsip Islam, konsumen perlu waspada terhadap potensi risiko. Artikel ini akan membahas kasus tersebut dan memberikan panduan untuk menghindari risiko serupa.

1. Kasus di Perumahan GMV

Salah satu korban, sebut saja Salim, mengalami kesulitan setelah membayar cicilan rumah langsung ke pengembang. Ia menunggu serah terima kunci selama 15 bulan, namun rumah tak kunjung jadi. Pengembang bahkan tidak dapat dihubungi. Keputusan Salim untuk membayar langsung ke pengembang tanpa melibatkan bank membuatnya rentan terhadap risiko ini.

2. Waspada terhadap Pengembang “Nakal”

:CEO Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, menyatakan bahwa konsep perumahan syariah bagus, namun seringkali dimanfaatkan oleh pengembang yang kurang berpengalaman atau tidak memiliki komitmen serius terhadap proses pengembangan. Pengembang yang kurang berpengalaman dapat menghambat aliran uang atau cash flow, terutama jika pembayaran dilakukan langsung ke mereka tanpa melibatkan bank.

3. Risiko Pembayaran Langsung ke Pengembang:

Ali Tranghanda menjelaskan bahwa pembayaran langsung ke pengembang tanpa melibatkan bank dapat menyebabkan risiko rumah tidak selesai dibangun. Risiko ini lebih tinggi jika pengembang kecil atau kurang berpengalaman. Pembayaran melalui bank dapat menjadi jaminan bahwa aliran uang terkelola dengan baik.

4. Langkah-langkah Pengamanan

Konsumen perlu lebih berhati-hati saat membeli rumah di perumahan syariah. Ali Tranghanda menyarankan konsumen untuk mengecek apakah pengembang tersebut tergabung dalam asosiasi pengembang. Jika iya, konsumen dapat melaporkan keluhan mereka kepada asosiasi. Namun, jika pengembang tidak terdaftar dalam asosiasi, konsumen diharapkan melaporkan ke polisi.

5. Aspek Legalitas dan Pertimbangan Lain

Ali Tranghanda juga mengingatkan konsumen untuk memeriksa aspek legalitas tanah dan proyek yang telah dilakukan oleh pengembang. Konsep perumahan syariah seringkali menggunakan tanah yang belum sepenuhnya dimiliki, sehingga konsumen perlu memastikan bahwa legalitas tanahnya terjamin.

Penutup: Dalam membeli rumah di perumahan syariah, kehati-hatian dan ketelitian sangat diperlukan. Kasus di perumahan GMV menjadi peringatan bagi konsumen untuk tidak tergesa-gesa dan memeriksa dengan cermat sebelum melakukan pembayaran. Melibatkan bank dalam transaksi pembelian rumah dapat menjadi langkah pengamanan yang cerdas, serta memastikan bahwa pengembang terlibat dalam asosiasi untuk meminimalkan risiko.

Bagikan informasi tentang Hati-Hati Jangan Cicil Rumah Langsung ke Pengembang Tanpa Lewat Bank, Ini Risikonya kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Cluster Terbaik di Pamulang Pa...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah dijual di Pasar Baru Jak...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

25 Contoh Desain Pintu Rumah M...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah modern tropis Eshal Serp...

Rumah Dijual di Rumah Tangerang
Rp 900.000.000
  • L.Tanah: 70 m2
  • L. Bangunan: 73 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 3

Cluster Modern D’Fazza 5 Har...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 516.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 36 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Investasi Properti Paling Meng...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!