cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Tips Bikin Rumah Tetap Adem Meski Cuaca Panas ‘Ugal-Ugalan’

Tips Bikin Rumah Tetap Adem Meski Cuaca Panas ‘Ugal-Ugalan’

Dipublish pada 21 December 2023 | Dilihat sebanyak 537 kali | Kategori: Blog

 

Screenshot 60

Tips Bikin Rumah Tetap Adem Meski Cuaca Panas ‘Ugal-Ugalan’ – Bulan Desember, meskipun umumnya dikaitkan dengan musim hujan, namun beberapa wilayah di Jawa dan Nusa Tenggara justru mengalami cuaca panas yang cukup menyengat. Bagi yang tidak memiliki AC, situasi ini bisa menjadi tantangan. Tapi, tak perlu khawatir! Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rumah tetap adem meski cuaca panas ‘ugal-ugalan’.

1. Pasang Gorden atau Tirai Anti Panas

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencegah sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Pasang gorden jendela atau tirai anti panas yang dapat menahan dan memantulkan sinar matahari. Gorden atau tirai yang bisa diangkat dan diturunkan memberikan fleksibilitas dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk.

Arsitek lingkungan solar, David Wright, juga menyarankan penggunaan kaca berinsulasi atau kaca rendah emisivitas (low-e) yang dapat memantulkan panas dengan efektif.

2. Trik Kipas Angin Lebih Dingin

Agar kipas angin mengeluarkan udara yang lebih dingin, coba letakkan es batu dalam mangkuk atau kain di depan kipas angin. Dengan cara ini, udara yang diembuskan oleh kipas angin dapat terasa lebih segar dan lebih sejuk.

3. Sirkulasi Udara Malam Hari

Malam hari biasanya udara lebih sejuk. Jika aman, bukalah jendela rumah untuk membiarkan udara malam masuk. Ini akan membantu sirkulasi udara dan menurunkan suhu di dalam rumah.

4. Matikan Lampu yang Tidak Diperlukan

Lampu dan perangkat elektronik lainnya dapat menghasilkan panas saat digunakan. Matikan lampu dan perangkat elektronik yang tidak diperlukan agar tidak menambah panas di dalam rumah. Pilih pencahayaan alami atau lampu LED yang lebih efisien secara energi.

5. Tanam Tanaman Penghijauan

Tanaman hijau bukan hanya menambah keindahan rumah, tetapi juga dapat membantu menyejukkan udara. Tanaman seperti palem, pot mawar, atau monstera dapat memberikan efek adem dan menyaring udara di sekitar rumah.

Penutup

Dengan menerapkan tips di atas, rumahmu dapat tetap adem dan nyaman meski cuaca panas ‘ugal-ugalan’. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumahmu. Semoga tips ini membantu kamu menjalani hari-hari panas dengan lebih nyaman dan tetap membuat rumahmu menjadi tempat yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Bagikan informasi tentang Tips Bikin Rumah Tetap Adem Meski Cuaca Panas ‘Ugal-Ugalan’ kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Meikarta Cikarang, Kota Raksas...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Apartemen Tree Park Serpong...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Parama Residence Sawangan Depo...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Jual Rumah di Bekasi Premier E...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 1.800.000.000
  • L.Tanah: 84 m2
  • L. Bangunan: 84 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 2

Design Interior Ruang Tamu Ter...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Cluster Asri Mutiara Setia Asi...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 495.000.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 42 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!