cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya

Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya

Dipublish pada 9 March 2024 | Dilihat sebanyak 128 kali | Kategori: Blog

Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya

Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya – Bencana alam tanah bergerak tengah melanda beberapa daerah di Indonesia seperti Jombang dan Bandung Barat dalam seminggu terakhir ini. Pergerakan tanah ini membuat apa pun yang berada di atasnya akan bergeser. Pergerakan tanah ini tentu berdampak buruk pada bangunan dan infrastruktur yang beberapa di antaranya tidak dirancang tahan akan fenomena tanah bergerak ini. Alhasil bangunan seperti rumah akan retak hingga roboh dalam sekejap karena fondasinya yang tidak kuat menahan pergerakan tanah.

Dalam sepekan terakhir, ada dua lokasi di Indonesia yang mengalami pergerakan tanah. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di daerah terdampak, sebanyak 28 rumah warga rusak parah di Bandung Barat dan 12 rumah terdampak di Jombang, imbas dari bencana tanah bergerak ini.

Baca Artikel yang Lain di Google News

Semua rumah yang terdampak diminta oleh BNPB untuk tidak ditinggali sementara waktu karena terlalu berbahaya bagi keselamatan penghuninya jika nantinya ada pergerakkan tanah berikutnya.

Sebenarnya apa itu tanah bergerak yang terjadi di Bandung Barat dan Jombang?

Baca Juga ya

Mengapa Membeli Tanah Girik Bisa Menguntungkan Bagi Developer Properti?

Tips Pencahayaan untuk Setiap Ruangan di Rumah

Langkah Praktis Mengubah Rumah Ramah Lingkungan

BUMN Geber Penyediaan Rumah, Berikut Caranya

5 Alasan Rumah di Amerika Gunakan 2 Pintu Berbentuk Sama

Sertifikat Rumah Hilang? Ini Persyaratan dan Cara Mengurusnya Kembali

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Biar Lebih Sehat

Strategi Pembiayaan Rumah Murah untuk Mengatasi Backlog Perumahan di Indonesia

4 Tips Pilih Cat Dinding Anti Kusam dan Tahan Lama

Kunci Sukses dan Sikap yang Harus Dimiliki Pengembang Properti

Mengapa Membeli Tanah Girik Bisa Menguntungkan Bagi Developer Properti?

Langkah-langkah dan Solusi yang Efektif Mengatasi Kehilangan Akta Jual Beli (AJB) Tanah

Kunci Sukses dan Sikap yang Harus Dimiliki Pengembang Properti

Mengapa Membeli Tanah Girik Bisa Menguntungkan Bagi Developer Properti?

Meskipun terlihat seperti tanah longsor, ternyata tanah bergerak menurut BPBD Kabupaten Bogor adalah perpindahan massa tanah atau batu yang bergerak ke arah tegak, mendatar, atau miring dari kedudukan semula.

Pergerakan tanah ini ada yang terlihat seperti longsor, ada pula yang bergerak perlahan seperti merayap. Dengan demikian tanah longsor adalah salah satu fenomena dari tanah bergerak.

Pemicu dari pergerakan tanah ini adalah gaya pendorong pada lereng lebih besar dari pada gaya penahan sehingga terjadilah longsor. Gaya penahan di sini bisa berupa batuan penyangga atau kepadatan tanah itu sendiri.

Sedangkan besarnya gaya pendorong ditentukan dengan kemiringan permukaan tanah, beban yang diterima tanah dari air, getaran, atau kemampuan batu menyangga tanah tersebut.

Tanah bergerak tidak akan langsung terjadi jika tidak disebabkan pula oleh faktor eksternal lainnya. Mengutip dari detikNews pada Jumat (8/3/2024), berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan tanah bergerak.

1.Gempa Bumi

Bencana alam satu ini memang ditandai dengan membuat permukaan bergetar. Jika tingkat getarannya cukup keras, perabotan, bangunan, jalan, hingga jembatan bisa rusak dan roboh. Indonesia yang terletak di area pertemuan lempengan dunia sudah sering mengalami gempa bumi.

2.Erosi dan Curah Hujan Tinggi

Bencana tanah bergerak di Jombang salah satu penyebabnya adalah dari curah hujan yang deras. Selain itu kemiringan tanah di Desa Sambirejo juga menyebabkan yang diperkirakan 45 derajat membuat gaya pendorong pada lereng tersebut lebih besar daripada faktor penahannya sehingga erosi tanah mudah terjadi.

3.Tanah Jenuh Air

Jenis tanah juga bisa menyebabkan pergerakan tanah. Ciri-cirinya adalah tanah tersebut yang suka menyerap air seperti tanah liat. Jenis tanah satu ini cukup berbahaya saat hujan deras dan berada di ketinggian tertentu.

4.Aktivitas Manusia

Tidak bisa dipungkiri aktivitas manusia juga dapat berdampak pada kualitas tanah. Membangun bangunan berbobot berat, pengeboran, atau penggunaan lahan tanpa adanya perbaikan setelahnya dapat menghilangkan daya penahan pada tanah membuat erosi tanah mudah terjadi, ditambah dengan curah hujan yang tinggi.

Kesimpulan Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya

Bencana tanah bergerak dapat menimbulkan kerugian yang besar baik dari segi ekonomi maupun sosial. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan faktor-faktor pemicu tanah bergerak serta melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat guna mengurangi risiko bencana ini terjadi.

Baca Artikel yang Lain di Google News

Bagikan informasi tentang Pengertian Tanah Bergerak dan Faktor Pemicunya kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Rumah Minimalis 2 Lantai The J...

Rumah Dijual di Rumah Bekasi
Rp 779.000.000
  • L.Tanah: 53 m2
  • L. Bangunan: 63 m2
  • K. Tidur: 3
  • K. Mandi: 2

Jual Rumah di Bogor Klapanungg...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 299.000.000
  • L.Tanah: 72 m2
  • L. Bangunan: 45 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Cara Mendesain Kamar Mandi Mun...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Desain Interior Ruang Rumah Mi...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Daftar Prospek Investasi Palin...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Tips Sebelum Membeli Rumah Sek...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!