cash offer for my home,sell my property privately,realtor to sell my house,best realtor to sell my house,agent to sell my house,i want to sell my house,sell my home for cash,sell home for cash,sell my house online

Beranda » Blog » Jangan Lupa Cek Ini Waktu Survei Rumah Secondary Biar Nggak Salah Beli

Jangan Lupa Cek Ini Waktu Survei Rumah Secondary Biar Nggak Salah Beli

Dipublish pada 14 May 2024 | Dilihat sebanyak 23 kali | Kategori: Blog

Jangan Lupa Cek Ini Waktu Survei Rumah Secondary Biar Nggak Salah Beli

Jangan Lupa Cek Ini Waktu Survei Rumah Secondary Biar Nggak Salah BeliMembeli rumah secondary bisa menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang karena biasanya harganya lebih terjangkau dibandingkan rumah baru. Namun, penting untuk melakukan survei dengan teliti agar tidak salah beli. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda periksa saat survei rumah secondary agar Anda mendapatkan rumah impian tanpa penyesalan di kemudian hari.

1. Kondisi Fisik Rumah

a. Struktur Bangunan

Pastikan Anda memeriksa kondisi struktur bangunan. Perhatikan apakah ada retakan di dinding, langit-langit, atau lantai. Retakan besar bisa menandakan masalah struktural yang serius dan memerlukan perbaikan yang mahal.

b. Kondisi Atap

Cek kondisi atap apakah ada kebocoran atau kerusakan. Atap yang bocor bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada interior rumah dan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

c. Sistem Listrik dan Plumbing

Periksa sistem listrik dan plumbing di rumah tersebut. Pastikan semua saklar, stopkontak, dan pipa air berfungsi dengan baik. Masalah pada sistem ini bisa memerlukan perbaikan yang kompleks dan mahal.

2. Lingkungan Sekitar

a. Kebisingan dan Keamanan

Survei rumah pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk mengetahui tingkat kebisingan di lingkungan sekitar. Selain itu, periksa tingkat keamanan dengan melihat apakah ada pos keamanan atau CCTV di area tersebut.

b. Fasilitas Umum

Perhatikan ketersediaan fasilitas umum seperti pasar, sekolah, rumah sakit, dan transportasi umum. Fasilitas yang lengkap akan sangat membantu dalam keseharian Anda dan meningkatkan nilai investasi rumah tersebut.

3. Legalitas dan Dokumen

a. Sertifikat dan IMB

Pastikan rumah yang Anda incar memiliki sertifikat hak milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dokumen-dokumen ini penting untuk memastikan bahwa rumah tersebut legal dan tidak berada dalam sengketa.

b. Status Pajak

Cek status pembayaran pajak rumah tersebut. Rumah dengan tunggakan pajak bisa menjadi masalah di kemudian hari, dan Anda sebagai pemilik baru mungkin harus menanggung beban tersebut.

4. Harga Pasar dan Nilai Investasi

a. Bandingkan Harga

Lakukan riset tentang harga pasar di area tersebut. Bandingkan harga rumah yang Anda incar dengan rumah lain di sekitar untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan harga yang wajar.

b. Potensi Kenaikan Nilai

Pertimbangkan potensi kenaikan nilai properti di masa depan. Lokasi yang strategis dengan perkembangan infrastruktur yang baik bisa memberikan keuntungan investasi yang signifikan.

5. Riwayat Renovasi dan Perawatan

a. Periksa Riwayat Renovasi

Tanyakan kepada pemilik atau agen properti tentang riwayat renovasi yang pernah dilakukan. Renovasi besar seperti perbaikan atap atau penambahan ruangan bisa mempengaruhi nilai dan kondisi rumah secara keseluruhan.

b. Keadaan Perawatan

Perhatikan bagaimana pemilik sebelumnya merawat rumah tersebut. Rumah yang terawat dengan baik biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya peduli terhadap kondisi properti, yang bisa berarti masalah potensial sudah diminimalkan.

6. Faktor Lingkungan dan Alam

a. Risiko Bencana Alam

Periksa apakah lokasi rumah berada di daerah rawan bencana seperti banjir atau gempa bumi. Informasi ini bisa didapatkan dari instansi terkait atau penduduk setempat.

b. Kondisi Tanah

Pastikan kondisi tanah di sekitar rumah tidak mengalami penurunan atau longsor. Hal ini penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Anda tinggal di rumah tersebut.

7. Tetangga dan Komunitas

a. Hubungan Sosial

Cobalah untuk berbicara dengan beberapa tetangga di sekitar. Ini bisa memberikan Anda gambaran tentang kehidupan sosial di lingkungan tersebut dan apakah Anda akan merasa nyaman tinggal di sana.

b. Aktivitas Komunitas

Perhatikan aktivitas komunitas di area tersebut. Lingkungan dengan komunitas yang aktif biasanya lebih terjaga dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

Dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada poin-poin di atas, Anda dapat menghindari kesalahan dalam membeli rumah secondary. Investasi waktu dan tenaga dalam survei ini sangat berharga untuk memastikan Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Selamat mencari rumah impian!

Bagikan informasi tentang Jangan Lupa Cek Ini Waktu Survei Rumah Secondary Biar Nggak Salah Beli kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Belle Feur Citra Raya, Harga &...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Siap Huni Griya Pesona M...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 235.000.000
  • L.Tanah: 66 m2
  • L. Bangunan: 35 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Dijual Rumah Siap Huni Perumah...

Rumah Dijual di Rumah Bogor
Rp 454.600.000
  • L.Tanah: 60 m2
  • L. Bangunan: 29 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Serpong Garden, Cluster Murah ...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Rumah Baru Super Murah Exclusi...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego

Askara Vanya Park, Cluster Bar...

di Rumah bandung
Harga Hubungi Kami Nego
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!